Abstract:
Audit komunikasi adalah kajian mendalam dan menyeluruh tentang
pelakanaan sistem komunikasi keorganisasian yang mempunyai tujuan
meningkatkan efektifitas organisasi. Humas Pemerintah Kota Binjai adalah salah
satu divisi yang dibentuk dilingkungan kantor pusat Pemerintahan Kota Binjai
yang diresmikan pada tahun 2006 dan saat ini dikepalai oleh Rudi Iskandar ST
terhitung sejak Januari 2017. Salah satu tugas humas Pemerintahan adalah
menjaga dan membangun citra pemerintah yang baik dimata masyarakat. Dalam
hal ini, yang menjadi fokus penelitian adalah Bagaimana pelaksanaan Audit
Komunikasi yang dilakukan oleh Humas Pemerintah Kota Binjai dan apakah
hasilnya memiliki pengaruh terhadap efektifitas organisasi. Jenis Penelitian ini
adalah Penelitian Kualitatif, dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan
pendekatan deskriptif dan mengumpulkan data dengan cara dokumentasi,
observasi, studi pustaka serta wawancara dengan menggunakan pertanyaan
terbuka. Responden dalam penelitian ini berjumlah 4 orang dan merupakan
pegawai serta staf Humas Pemerintah Kota Binjai. Berdasarkan hasil wawancara
dengan responden, Peneliti menyimpulkan bahwa Humas Pemerintah Kota Binjai
telah melakukan Audit komunikasi secara berkala sebanyak satu tahun sekali dan
hasil audit memiliki pengaruh terhadap kemajuan dan efektifitas Humas itu
sendiri. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan pernyataan beberapa
narasumber yang menyatakan bahwa Humas Pemerintah Kota Binjai melakukan
audit secara formal dan secara informal Mereka juga menambahkan bahwa Audit
juga membuat setiap staf Humas lebih perduli dan tanggungjawab terhadap tugastugasnya.