Abstract:
Iklan Shopee sering muncul di televisi dan sosial media lain-nya. Shopee
merupakan situs jual beli atau market place yang khususnya menyediakan
transaksi jual beli. Ketika kita melihat iklan Shopee di televisi banyak konsumen
yang tertarik untuk membeli produk produk yang ada di Shopee tersebut. Pada
skripsi ini peneliti mengambil judul “ Persepsi Masyarakat Terhadap Iklan Shopee
Di Televisi Swasta’ Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif. Penelitian kualitatif di tujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis
peristiwa, fenomena, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran
manusia secara individu maupun kelompok. Dengan teknik penggumpulan data
dengan melakukan wawancara tatap muka dengan para narasumber, observasi
atau pengamatan dilapangan, menganalisis data, kemudian menarik kesimpulan
dari hasil penelitian. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan Persepsi
Masyarakat Terhadap Iklan Shopee Versi Black Pink Di Televisi Swasta sangat
menarik serta memiliki peran/akting yang sangat maksimal dalam iklan tersebut,
dengan adanya iklan Shopee versi Black Pink mempengaruhi minat masyarakat
untuk membeli produk yang dijual di Shopee, dari segi pakaian atau busana yang
digunakan oleh Black Pink dalam iklan Shopee kurang sesuai jika ditampilkan di
televisi-televisi swasta Indonesia. Karena dianggap tidak sesuai dengan kultur dan
kebudayaan di Indonesia.