Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran humas dalam memberikan
informasi kepada pengguna jasa di Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan,
hambatan yang muncul dari pihak humas dalam memberikan informasi kepada
pengguna jasa, dan upaya humas dalam mengatasi hambatan tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatankualitatif.
Subyek penelitian dalam penelitian ini yaitu 1 orang Humas dan 2 orang
Pengguna Jasa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan Humas Kesyahbandaran
Utama Belawan dalam memberikan informasi kepada pengguna jasa dengan baik
tanpa hambatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran humas di Kantor
Kesyahbandaran Utama Belawan sebagaiSebagai komunikator atau pusat kegiatan
berkomunikasi dalam memperlancar alur informasi perusahaan seperti menerima
segala pengaduan atau keluhan pengguna jasa, memberikan segala informasi yang
dibutuhkan pengguna jasa.