Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sebelum,
sesudah, dan perbedaan sebelum dan sesudah Layanan Penguasaan Konten
Terhadap Pemahaman Pendekatan Cara Belajar Efektif Siswa Kelas XII SMK
BM-Budisatrya Medan. Secara umum penelitian ini ditujukan kepada seluruh
siswa kelas XII AK SMK BM-Budisatrya Medan, sedangkan untuk menentukan
sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampling Purposive yakni 15 orang
siswa masing-masing dari kelas XII AK1 dan XII AK2. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu pendekatan One Group
Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Hasil uji
persyaratan analisis menggunakan uji t paired sampels test diperoleh tabel t
diperoleh = 2,045. Dengan demikian > (17,521>2,045) atau
Sig ,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh layanan penguasaan konten terhadap pemahaman pendekatan
cara belajar Efektif siswa kelas XII SMK BM-Budisatrya Medan