Abstract:
Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi komunikasi BKKBN Provinsi
Sumatera Utara dalam mensosialisasikan program pembentukan Kampung KB
tepatnya di Gaharu Kecamatan Medan Timur. Tingginya tingkat pertumbuhan
penduduk dan menurunnya peserta KB merupakan dasar dari adanya program
Kampung KB yang dilakukan BKKBN Provinsi Sumatera Utara. Strategi
komunikasi merupakan paduan dari perencanaan komunikasi dan penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan strategi komunikasi BKKBN Provinsi Sumatera
Utara dalam mensosialisasikan Program Kampung KB.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
analisis manajemen komunikasi untuk mencapai suatu tujuan. Untuk mencapai
tujuan tersebut strategi komunikasi harus dapat menunjukkan bagaimana
operasionalnya secara taktis harus dilakukan, dalam arti kata bahwa pendekatan
(approach) bisa berbeda sewaktu-waktu bergantung dari situasi dan kondisi.
Strategi komunikasi yang baik dilakukan oleh BKKBN Provinsi Sumatera Utara
dengan tujuan untuk dapat lebih terarah dalam mencapai hasil yang optimal. Hasil
analisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program Kampung KB sudah
dilaksanakan dengan baik oleh BKKBN Provinsi Sumatera Utara, namun masih
ditemui kendala dan kelemahan dalam mensosialisasikan program Kampung KB,
diantaranya kurangnya kegiatan sosialisasi yang dilakukan BKKBN Provinsi
Sumatera Utara baik yang bersifat bermedia. Media yang digunakan masih sangat
kurang sehingga banyak masyarakat yang belum mengetahui program Kampung
KB.