Abstract:
Penelitian dengan judul Persepsi Masyarakat Mengenai Program CSR PT.
Perkebunan Nusantara IV ini dilakukan untuk menjawab bagaimana persepsi
masyakarakat mengenai program CSR PT. Perkebunan Nusantara IV.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Persepsi
Masyarakat Mengenai Program CSR PT. Perkebunan Nusantara IV oleh
perusahaan sebagaaimana yang disebutkan dalam Undang-Undang RI No 40.
Tahun 2007. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif. Penelitian adalah masyarakat Perbaungan, Kelurahan
Batang Terap. Penelitian dilakukan selama kurang lebih 3 bulan terhitung dari
bulan Juni 2019 hingga bulan September 2019. Narasumber dalam penelitian ini
terdiri dari 3 orang masyarakat yang menyalurkan persepsinya. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara. Teknis analisis data
yang digunakan dalam penilitian ini adalah reduksi data (data reduction), paparan
data (data display), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion
drawing/verifying). Hasil dari penelitian ini adalah tentang persepsi masyarakat
mengenai program CSR PT. Perkebunan Nusantara IV sudah cukup baik dari
adanya program buruh harian lepas, sarana masjid dan pemerataan akses jalan, hal
ini membuat masyarakat mendukung program CSR PT. Perkebunan Nusantara
IV, sehingga masyarakat berharap agar bantuan program CSR yang diberikan
kedepannya agar segera lebih cepat diturunkan