Research Repository

Komunikasi Nonverbal Kinesik Antara Guru Dan Murid Tuna Rungu Dalam Proses Belajar Mengajar (Studi Kasus Pada SLB A/B/C Melati Aisyiyah Deli Serdang)

Show simple item record

dc.contributor.author Fiorentino
dc.date.accessioned 2020-11-04T07:35:46Z
dc.date.available 2020-11-04T07:35:46Z
dc.date.issued 2019-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7549
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses Komunikasi Nonverbal Kinesik Antara Guru dan Murid Tuna Rungu dalam Proses Belajar Mengajar. Peneliti mengambil lokasi penelitian di SLB/A/B/C Melati Aisyiyah Deli Serdang .Teori-teori yang digunakan adalah komunikasi, komunikasi non verbal, komunikasi antar pribadi, komunikasi pendidikan, guru, murid, tuna rungu, proses, belajar mengajar, teori konstruktivisme. Jenis penelitian yang diambil peneliti adalah deskriptif kualitatif. Tahap pengumpulan data penelitian yaitu melakukan proses wawancara tatap muka dengan narasumber, observasi serta dokumentasi, hasil pengataman, dan hasil pembicaraan yang di analisis peneliti hingga tahap penarikan kesimpulan. Narasumber yang diwawancara oleh peneliti yaitu 4 (empat) orang narasumber terdiri dari 2 (dua) guru dan 2 (dua) murid dengan mengajukan masing-masing 13 (tiga belas) pertanyaan untuk guru dan 10 (sepuluh) untuk murid tuna rungu demi memenuhi kebutuhan dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa Proses Komunikasi Nonverbal Kinesik Antara Guru dan Murid Tuna Rungu Dalam Proses Belajar Mengajar yang ada di SLB A/B/C Melati Aisyiyah Deli Serdang sudah berjalan cukup baik. Berdasarkan hasil simpulan bahwa komunikasi nonverbal kinesik antara guru dan murid tuna rungu dalam proses belajar mengajar peneliti menemukan bahwa di SLB A/B/C Melati Aisyiyah Deli Serdang lebih mengajarkan bahasa bibir daripada isyarat tangan, karena isyarat tangan sering digunakan dalam kehidpan sehari-hari. Isyarat gerakan kepala tidak berbeda dengan murid normal, kemudian ekspresi wajah dan tatapan mata para murid mudah memahami apa yang di ekspresikan oleh guru. Posisi tubuh dan posisi kaki ketika saat belajar bukan menjadi aturan yang baku tetapi lebih bagaimana nyamannya murid ketika sedang belajar. en_US
dc.publisher Komunikasi Nonverbal Kinesik Antara Guru Dan Murid Tuna Rungu Dalam Proses Belajar Mengajar (Studi Kasus Pada SLB A/B/C Melati Aisyiyah Deli Serdang) en_US
dc.subject Komunikasi Nonverbal en_US
dc.subject Kinesik, Guru en_US
dc.subject Murid Tuna Rungu en_US
dc.subject Proses Belajar Mengajar en_US
dc.title Komunikasi Nonverbal Kinesik Antara Guru Dan Murid Tuna Rungu Dalam Proses Belajar Mengajar (Studi Kasus Pada SLB A/B/C Melati Aisyiyah Deli Serdang) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account