Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengembangan Wisata
Religi Islami Makam Syekh Mahmud Fil Hadratul Maud dalam perspektif
komunikasi Pariwisata di Kabupaten Tapanuli Tengah, untuk mengetahui
Pengembangan wisata religi dalam Perspektif Komunikasi Dinas Pariwisata
Kabupaten Tapanuli Tengah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teori komunikasi, teori komunikasi pariwisata, teori Teknik pengembangan
destinasi pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif.
Informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang yaitu kepala Dinas Pariwisata
Kabupaten Tapanuli Tengah, ketua dan bendahara Kelompok Sadar Wisata
Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah, dua orang Tokoh Adat Pesisir
Barus, dan dua orang pengunjung Wisata Religi Makam papan Tinggi. Teknik
pengumpulan data adalah wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan wisata religi yang dilakukan
oleh Dinas Pariwisata Tapanuli Tengah meliputi: pembuatan iklan, pemberitaan di
media, pageleran event, perlombaan, pameran, dan pembangunan infrastruktur
pendukung. Terdapat hambatan dalam pengembangan pariwisata seperti kurangnya
rasa sadar wisata oleh masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah. Untuk
menyelesaikan hambatan tersebut upaya yang dilakukan adalah membangun
komunikasi yang baik dengan masyarakat sekitar Wisata Religi Makam Papan
Tinggi Syekh Mahmud Fil Hadratul Maut. Keberhasilan pengembangan wisata
Religi Makam Papan Tinggi terbilang sukses, terlihat dari jumlah pengunjung yang
terus meningkat