Research Repository

Analisis Pemanfaatan Model Pembelajaran Word Square Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK

Show simple item record

dc.contributor.author Lubis, Sri Meyliani
dc.date.accessioned 2020-11-04T06:47:04Z
dc.date.available 2020-11-04T06:47:04Z
dc.date.issued 2020-09-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7529
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan model pembelajaran Word square dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Dalam penelitian ini, sumber primer yang digunakan adalah jurnal-jurnal yang berhubungan dengan judul penelitian yaitu jurnal model pembelajaran word square dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analitik, yaitu mendeskripsikan data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rendahnya hasil belajar siswa sebelum digunakan model pembelajaran Word square disebabkan kurangnya variasi model serta siswa yang masih sulit memahami materi akuntansi sehingga meyebabkan kurang mandiri dan tidak termotivasinya siswa untuk belajar. Keberhasilan kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Akuntansi dengan menerapkan model pembelajaran Word square dapat dilihat dari sebagai berikut: 1) Kegiatan belajar mengajar dikelas yang berpusat pada siswa, sehingga siswa aktif dalam proses pembelajaran baik dalam diskusi maupun personal, kerja kelompok, serta tanya jawab. Kegiatan ini dapat melatih peserta didik dalam bekerja sama dan menumbuhkan semangat kebersamaan didalam kelompok belajar. 2) Siswa mampu memahami materi yang telah diberikan dan tidak akan cepat lupa dengan materi yang telah dipelajari di dalam kelas. Hal ini terjadi karena siswa langsung merasakan ilustrasi transaksi yang diberikan oleh guru, siswa juga merasa seperti sedang bermain teka-teki silang tetapi tetap dengan cara belajar mengenai transaksi yang terjadi pada perusahaan jasa. 3) Hasil belajar siswa meningkat setelah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Word square serta hasil belajar siswa dinyatakan tuntas, karena secara umum hasil belajar siswa mencapai KKM yaitu sebesar 75. Hal ini menunjukkan bahwa secara umum siswa telah memahami materi yang diberikan dengan baik pada kegiatan belajar mengajar di kelas dengan penerapan model pembelajaran Word square. 4) Ketelitian dan kejelian siswa dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung di kelas mengalami peningkatan, dikarenakan pada penerapan model pembelajaran Word square siswa dilatih agar dapat lebih teliti dan jeli terhadap materi yang diajarkan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model Pembelajaran Word Square en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Analisis Pemanfaatan Model Pembelajaran Word Square Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account