Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan model
pembelajaran Word square dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Dalam
penelitian ini, sumber primer yang digunakan adalah jurnal-jurnal yang
berhubungan dengan judul penelitian yaitu jurnal model pembelajaran word
square dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan
adalah metode deskriptif analitik, yaitu mendeskripsikan data yang dikumpulkan
berupa kata-kata, gambar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa
rendahnya hasil belajar siswa sebelum digunakan model pembelajaran Word
square disebabkan kurangnya variasi model serta siswa yang masih sulit
memahami materi akuntansi sehingga meyebabkan kurang mandiri dan tidak
termotivasinya siswa untuk belajar.
Keberhasilan kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Akuntansi
dengan menerapkan model pembelajaran Word square dapat dilihat dari sebagai
berikut: 1) Kegiatan belajar mengajar dikelas yang berpusat pada siswa, sehingga
siswa aktif dalam proses pembelajaran baik dalam diskusi maupun personal, kerja
kelompok, serta tanya jawab. Kegiatan ini dapat melatih peserta didik dalam
bekerja sama dan menumbuhkan semangat kebersamaan didalam kelompok
belajar. 2) Siswa mampu memahami materi yang telah diberikan dan tidak akan
cepat lupa dengan materi yang telah dipelajari di dalam kelas. Hal ini terjadi
karena siswa langsung merasakan ilustrasi transaksi yang diberikan oleh guru,
siswa juga merasa seperti sedang bermain teka-teki silang tetapi tetap dengan cara
belajar mengenai transaksi yang terjadi pada perusahaan jasa. 3) Hasil belajar
siswa meningkat setelah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model
pembelajaran Word square serta hasil belajar siswa dinyatakan tuntas, karena
secara umum hasil belajar siswa mencapai KKM yaitu sebesar 75. Hal ini
menunjukkan bahwa secara umum siswa telah memahami materi yang diberikan
dengan baik pada kegiatan belajar mengajar di kelas dengan penerapan model
pembelajaran Word square. 4) Ketelitian dan kejelian siswa dalam kegiatan
pembelajaran yang berlangsung di kelas mengalami peningkatan, dikarenakan
pada penerapan model pembelajaran Word square siswa dilatih agar dapat lebih
teliti dan jeli terhadap materi yang diajarkan.