Abstract:
PT. pegadaian (persero) adalah salah satu lembaga milik negara yang bergerak di
bidang jasa perkreditan atas dasar hukum gadai. Dalam hal ini PT.pegadaian telah
banyak berhasil membuat program mereka diterima oleh banyak kalangan
terutama masyarakat ekononi menengah ke bawah salah satu program terbarunya
adalah gadai prima. Untuk itu PT. Pegadaian (persero) tidak henti-hentinya
membuat program-program yang baru untuk memberi solusi terhadap kondisi
perekonomian yang dirasakan oleh masyarakat. Untuk mencapai suatu kesuksesan
dalam memasarkan produknya tentu saja PT.Pegadaian (persero) telah
menyiapkan beberapa strategi komunikasi pemasaran sebelum memasarkan
produknya untuk mengenalkannya kepada masyarakat sekaligus meningkatkan
minat masyarakat akan produk tersebut. Maka dari itu penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui komunikasi pemasaran PT. Pegadaian dalam meningkatkan
minat masyarakat pada program gadai prima. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan desktiptif
cara mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi, adapun
narasumber dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari 1 orang
manajer senior bisnis analis dan 4 orang yang nasabah yang sudah menggunakan
gadai prima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT.Pegadaian sudah
mengkonsep bauran dari pemasaran yang disebut dengan 4P yaitu product, price,
place, promotion sebelum dan sesudah produk itu dipasarkan untuk meningkatkan
minat masyarakat pada program gadai prima. Salah satunya dengan cara
melakukan promosi rutin setiap bulannya dan melakukan open table disetiap
event-event ,membagikan brosur, melakukan kegiatan kompetisi futsal yang
diikuti oleh mahasiswa guna untuk mengenalkan gadai prima pada kaum milenial.
Memberikan souvernir kepada nasabah di bulan-bulan tertentu dan juga
melakukan direct marketing untuk mengenalkan kepada calon nasabah yang
belum mengetahui agar menjadi tahu dan menjadi berminat. Dengan melakukan
berbagai macam hal diatas maka dapat meningkatkan minat masyarakat pada
program gadai prima ini.