Abstract:
Strategi Komunikasi Pemasaran telah menjadi kunci atau landasan penting
kesuksesan sebuah perusahaan dalam menjual sebuah produk,objek penelitian
adalah Aplikasi Pak Tani Digital yang semakin pesat, semakin memberi
kemudahan dan kenyamanan bagi para petani dan calon pembeli .
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran
yang digunakan oleh Pak Tani Digital,. Mulai dari proses analisa situasi, pesan
yang ingin disampaikan, penentuan target market, sampai proses pemilihan media
promosi yang digunakan. Pak Tani Digital merupakan solusi terpadu berbentuk
aplikasi digital .
Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif, Metode ini
bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau fenomena sosial tertentu. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumen, dengan
narasumber sebanyak 3 orang yakni : Pendiri Pak Tani Digital, Petani dan
Konsumen
Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi pak tani digital melakukan
perencanaan ,pelaksanaan dan penggabungan kegiatan komunikasi pemasaran ke
dalam sebuah program yang mengacu pada situasi pasar yang berbasis kepada
konsumen
(Audience focus)untuk mencapai tujuan
(result driven), dimana
masing-masing bauran komunikasi pemasaran saling terintegrasi satu dengan
yang lain (Channel centered
)