Abstract:
Penelitian ini bermaksud mengkaji lebih dalam lagi tentang bagaimana
proses pelaksanaan/implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR)
yang dilakukan oleh PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region 1
Medan. Adapun rumusan masalah penilitian ini adalah: bagaimana Implementasi
Program Corporate Social Responsibility PT. Pertamina (Persero) MOR 1 Medan
sebagai bagian upaya meningkatkan citra perusahaan dan bagaimana Peran Public
Relations PT. Pertamina (Persero) MOR 1 Medan dalam mengimplementasikan
CSR. Jenis penlitian ini adalah penilitian bersifat kualitatif. Data tersebut
dikumpulkan menggunakan teknik wawancara/interview, observasi, dan
dokumentasi. Setelah data terkumpul dapat di analisis menggunakan
menggunakan teknik analisis data kualitatif menurut Miles and Huberman yaitu
analisis interaktif. Teknik analisis data kualitatif dengan analisis interaktif melalui
tahapan sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi program CSR PT. Pertamina
(Persero) Marketing Operation Region 1 Medan dalam upaya meningkatkan citra
perusahaan, dimulai adanya informasi yang terkait dengan adanya permintaan
masyarakat Kampung Nelayan, Kecamatan Belawan tentang pembangunan
Posyandu, dalam hal ini PR sangat berperan penting dalam pembentukan citra
atau image perusahaan serta perencanaan dan pengevalusian di Kampung
Nelayan, Kecamatan Belawan