Abstract:
Seiring berkembangnya zaman, teknologi semakin canggih dan semakin
berkembang. Teknologi pun semakin inovatif dan memudahkan segala kalangan
manusia untuk bekerja dan berkomunikasi. Internet merupakan suatu media untuk
berbagi informasi dan berinteraksi dengan siapapun, kapanpun dan di mana saja
Perkembangan internet juga mempengaruhi berkembangnya aspek kehidupan dalam
perekonomian. Berbagai transanksi sebelumnya dilakukan dengan bertatap langsung
oleh produsen dan konsumen, tapi kini menjadi sangat mudah dengan adanya
internet. Dalam dunia bisnis online, advertising di media sosial sangat dibutuhkan
untuk menjalankan bisnisnya. Infodunia.id merupakan salah satu akun instagram
yang membuka peluang bisnis marketing advertising. Akun ini membuka peluang
bagi siapa saja yang memiliki online shop untuk dipromosikan bisnisnya di akun ini.
Dengan memiliki 1.5 juta followers, advertising Infodunia.id sangatlah efektif
sebagai media promosi online karena memiliki jangkauan yang lebih luas dalam
jangkauan di instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
Penggunaan advertising infodunia.id sebagai media promosi online. Teori yang
digunakan yaitu teori new media yang merupakan teori yang membahas mengenai
perkembangan media. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Narasumber penelitian ini sebanyak lima lima (5)
orang, satu merupakan owner yaitu pemilik akun infodunia.id, satu admin
infodunia.id, dan tiga lainnya merupakan klien yang pernah paid promote atau iklan
di infodunia.id. Pengumpulan data digunakan dengan cara wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan penggunaan infodunia.id sebagai
media pengiklan di social media.