Abstract:
Penelitian dengan judul Penggunaan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan
Kemampuan Komunikasi Kelompok Pada Anak SD ini dilakukan untuk
menjawab permasalahan dalam penelitian yaitu bagaimana upaya metode bermain
peran berkontribusi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi kelompok pada
anak SD Muhammadiyah 02 Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kualitaif. Penelitian adalah guru dan siswa SD
Muhammadiyah 02 Medan. Penelitian ini telah dilakukan selama kurang lebih 3
bulan terhitung dari bulan Januari 2019 hingga bulan Maret 2019 . Narasumber
dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang guru dan 6 orang siswa. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah merangkum data,menyajikan
data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa metode
bermain peran sangat berpengaruh dan mampu dalam meningkatkan komunikasi
pada siswa dan siswi SD Muhammadiyah 02 Medan di dalam dan di luar
kelompoknya. Dari metode yang telah diterapkan para siswa dapat memahami
perubahan bahasa, sikap, dan kerja sama mereka di dalam kelompoknya