Abstract:
Pajak merupakan fenomena yang selalu berkembang di masyarakat. Pajak
merupakan penerimaan negara yang digunakan untuk mengarahkan kehidupan
masyarakat menuju kesejahteraan. Dalam kenyataannya terdapat cukup banyak
masyarakat yang dengan sengaja melalaikan kewajibannya dalam melaksanakan
pembayaran pajak yang telah ditetapkan. Untuk itu dalam menangani masalah ini
humas membutuhkan strategi komunikasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Strategi komunikasi humas
untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pajak pada kantor wilayah
direktorat jenderal pajak sumatera utara I. Teori yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Teori Perencanaan Komunikasi. Jenis penelitian yang digunakan pada
penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini
berjumlah 2 (dua) orang. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik Analisis Domain. Lokasi penelitian dilakukan di kantor wilayah
direktorat jenderal pajak sumatera utara I. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa strategi komunikasi humas untuk meningkatkan kesadaran masyarakat
terhadap pajak pada kantor wilayah direktorat jenderal pajak sumatera utara I
ialah melakukan sosialisasi perpajakan dan mengadakan program perpajakan,
sebelum melakukan sosialisasi perpajakan dan program perpajakan strategi utama
yang dilakukan oleh humas kantor wilayah direktorat jenderal pajak sumatera
utara I ialah terlebih dahulu mengenal khalayak, kemudian mulai menyusun
pesan, dan menetapkan metode. Selanjutnya menentukan media yang akan
digunakan