Abstract:
Penelitian ini berjudul ”strategi komunikasi pemasaran komunitas yuspiner dalam
menarik minat konsumen terhadap pembalut kain yuspin”. Strategi adalah
serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan
harus beroprasi untuk mencapai tujuannya. Sedangkan komunikasi pemasaran
adalah sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan
mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk
dan merek yang mereka jual. Strategi komunikasi pemasaran merupakan
kombinasi yang cocok dalam memperkenalkan suatu produk kepada masyarakat
agar mereka tertarik dan berminat terhadap produk tersebut. Penerapan strategi
dalam jalur pemasaran yang dilakukan komunitas Yuspiner Sumatera Utara
berguna dalam menarik minat konsumen terhadap pembalut kain Yuspin yang
nantinya akan meningkatkan hasil penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran komunitas Yuspiner
Sumatera Utara dalam menarik minat konsumen terhadap pembalut kain yuspin.
Teori yang digunakan yaitu bauran pemasaran 4P, product, price, place, dan
promotion dan juga teori AIDA, attention, interest, desire, dan action . Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Informan penelitian ini terdiri dari 4 (empat) orang, satu merupakan
pendiri komunitas, satu lagi merupakan anggota komunitas dan 2 lainnya
merupakan konsumen pembalut kain yuspin. Pengumpulan data digunakan
dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran komunitas yusp