Abstract:
Penelitian ini berlatar belakang dari keinginan penulis untuk mengetahui persepsi
pemilih terhadap iklan politik calon anggota legislatif aceh utara. Rumusan
masalah penelitian ini adalah bagaimana Persepsi Pemilih Terhadap Iklan Politik
Calon Anggota Legislatif Aceh Utara. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah
untuk mengetahui bagaimana Persepsi Pemilih Terhadap Calon Anggota
Legislatif Aceh Utara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah
komunikasi politik. Narasumber dalam penelitian ini terdiri lima (5) Informan
yaitu Walikram dari Desa Glee Dagang, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh
Utara, Teuku muhshalmina dari Desa Cot Seurani, Kecamatan Muara Batu,
Kabupaten Aceh Utara, Dea Thalitha Shaqnaz dari Desa Cot Seurani, Kecamatan
Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Zulkarnen dari Desa Sawang, Kecamatan
Sawang, Kabupaten Aceh Utara dan Firdaus Noezula dari Desa Krueng Geukeuh,
Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Dengan mengajukan lima (5)
pertanyaan yang sesuai dengan kategorisasi penelitian. Metode dalam penelitian
ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara,
observasi dan studi dokumen yang selanjutnya di analisis dengan reduksi data,
penyajian data, penyimpulan verifikasi dan kesimpulan akhir. Hasil dari penelitian
ini menunjukkan bahwa Iklan Politik Calon Anggota Legislatif Zuhera Rahman
cukup menarik dikarenakan isinya yang sederhana sehingga pesan yang
terkandung di dalam iklan politik tersebut tersampaikan kepada masyarakat yang
melihat