Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh
Terpaan Iklan OPPO Terhadap Minat Beli Siswa SMK Negeri 3
Medan.Persaingan perusahaan melalui media promosi iklan minimal harus
memiliki dua tujuan, pertama adalah mempengaruhi masyarakat untuk melakukan
aktivitas beli produk, dan menanamkan kesadaran akan suatu merek yang menjadi
pilihan. Iklan bahkan merupakan salah satu media untuk memperkenalkan produk
baru. Pada dasarnya pesan iklan tersebut berkaitan dengan pencitraan merek atau
perusahaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori AIDA. Teori
AIDA merupakan suatu pesan yang harus mendapatkan perhatian, menjadi
ketertarikan, menjadi minat dan mengambil tindakan. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini siswa SMK Negeri 3 Medan berjumlah 320 siswa dengan sampel 64
responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisa data
bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah
diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh Terpaan Iklan OPPO
di Televisi Terhadap Minat Beli Siswa SMK Negeri 3 Medan berada pada titik
sedang sebesar 0,587 dengan derajat bebas sebesar 0,246. Berdasarkan r hitung
yang diperoleh maka hasil r hitung ≥ r tabel. Maka Ho ditolak dan Ha diterima.