Research Repository

Opini Publik Terhadap Slogan Politik Pada Kampanye Pemilihan Presiden 2019

Show simple item record

dc.contributor.author Ramadhani, Ayu Sari
dc.date.accessioned 2020-11-04T03:18:13Z
dc.date.available 2020-11-04T03:18:13Z
dc.date.issued 2019-10-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7349
dc.description.abstract Pemilu merupakan salah satu usaha untuk mempengaruhi rakyat secara tidak memaksa dengan melakukan kegiatan retorika, komunikasi massa, komunikasi politik, lobby, dan lain lain. Salah satu cara untuk mempengaruhi rakyat adalah dengan menggunakan slogan yang biasa digunakan saat masa kampanye pemilihan presiden dan wakil presiden. Slogan merupakan hal yang penting didalam dunia politik terutama saat masa kampanye pemilihan presiden berlangsung. Slogan biasanya terdapat di dalam Alat Peraga Kampanye (APK) yang berisi kalimat pendek dan mudah diingat dan berguna untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat mengenai seseorang atau kelompok untuk menarik perhatian masyarakat. Dengan judul Opini Publik Terhadap Slogan Politik Pada Kampanye Pemilihan Presiden 2019, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana opini publik terhadap slogan yang digunakan oleh kedua pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden yang terdiri dari Indonesia Maju untuk pasangan Jokowi dan Amin, serta Adil Makmur untuk pasangan Prabowo dan Sandiaga. Penelitian ini dilakukan di Desa Marindal 1, Dusun 1, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa publik tidak tertarik terhadap slogan yang digunakan oleh kedua pasangan calon dikarenakan kata-kata yang digunakan didalam slogan tersebut menggunakan kata-kata yang umum dan biasa. Namun, informasi yang ada di dalam slogan dapat dipahami, hal ini dibuktikan dengan wawancara dengan para informan yang berhasil memahami isi slogan tersebut en_US
dc.subject Opini Publik, Slogan en_US
dc.subject Pemilihan Presiden en_US
dc.title Opini Publik Terhadap Slogan Politik Pada Kampanye Pemilihan Presiden 2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account