Research Repository

Strategi Komunikasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Proses Belajar Mengajar Di Sd Muhammadiyah 20

Show simple item record

dc.contributor.author Audina, Rafika
dc.date.accessioned 2020-11-04T03:07:00Z
dc.date.available 2020-11-04T03:07:00Z
dc.date.issued 2019-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7342
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan membahas tentang Strategi Komunikasi Pendidikan Antara Guru Kepada Siswa dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Banyak hambatan yang terjadi di lapangan dan salah satu hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan pemahaman siswa adalah karakteristik dari siswa tersebut dan strategi komunikasi apa yang biasanya dilakukan oleh guru kepada siswa. Hampir sebanyak 80 persen aktivitas guru di ruang kelas adalah kegiatan komunikasi baik verbal maupun non verbal. Oleh karena itu, hasil penerimaan kepada siswa akan berbeda-beda sesuai dengan tingkat pemahaman dari siswasiswa tersebut. Maka guru harus mengenal karakteristik dari siswa-siswanya dan melakukan evaluasi dalam pengajaran sehingga akan melakukan strategi komunikasi yang tepat dan efisien. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Data-data penelitian diperoleh melalui penelitian dilapangan, yaitu dengan observasi dan wawancara mendalam oleh beberapa narasumber yang menjadi sumber informan. Data yang diperoleh dan analisa secara deskriptif kualitatif sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin di capai. Data sekunder diperoleh dari buku-buku penunjang penelitian serta bahan-bahan lain yang sesuai dengan kajian penelitian. Hasil analisa menunjukkan bahwa strategi komunikasi pendidikan guru dalam meningkatkan pemahaman siswa di sekolah lebih kepada ganjaran, dalam kenyataannya guru sering salah mengartikan strategi ini, guru hanya memahami berupa hukuman yang diberikan kepada siswa yang bersalah, padahal seharusnya ganjaran itu juga diberikan kepada siswa yang berprestasi dalam bentuk hadiah, pujian dan lain-lain. Strategi komunikasi yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi siswa di sekolah dapat berjalan dengan baik apabila komunikasi berjalan dengan interaktif dan juga tentang media pembelajaran yang mendukung untuk proses belajar mengajar berlangsung di SD Muhammadiyah 20 en_US
dc.subject Strategi Komunikasi Pendidikan en_US
dc.subject Pemahaman Siswa en_US
dc.title Strategi Komunikasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Proses Belajar Mengajar Di Sd Muhammadiyah 20 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account