Abstract:
Penelitian ini bertujuan membahas tentang Strategi Komunikasi Pendidikan
Antara Guru Kepada Siswa dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Banyak
hambatan yang terjadi di lapangan dan salah satu hambatan yang dihadapi guru
dalam meningkatkan pemahaman siswa adalah karakteristik dari siswa tersebut
dan strategi komunikasi apa yang biasanya dilakukan oleh guru kepada siswa.
Hampir sebanyak 80 persen aktivitas guru di ruang kelas adalah kegiatan
komunikasi baik verbal maupun non verbal. Oleh karena itu, hasil penerimaan
kepada siswa akan berbeda-beda sesuai dengan tingkat pemahaman dari siswasiswa
tersebut.
Maka
guru
harus
mengenal
karakteristik
dari
siswa-siswanya
dan
melakukan
evaluasi dalam pengajaran sehingga akan melakukan strategi
komunikasi yang tepat dan efisien.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis
penelitian kualitatif. Data-data penelitian diperoleh melalui penelitian dilapangan,
yaitu dengan observasi dan wawancara mendalam oleh beberapa narasumber yang
menjadi sumber informan. Data yang diperoleh dan analisa secara deskriptif
kualitatif sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin di capai. Data sekunder
diperoleh dari buku-buku penunjang penelitian serta bahan-bahan lain yang sesuai
dengan kajian penelitian.
Hasil analisa menunjukkan bahwa strategi komunikasi pendidikan guru dalam
meningkatkan pemahaman siswa di sekolah lebih kepada ganjaran, dalam
kenyataannya guru sering salah mengartikan strategi ini, guru hanya memahami
berupa hukuman yang diberikan kepada siswa yang bersalah, padahal seharusnya
ganjaran itu juga diberikan kepada siswa yang berprestasi dalam bentuk hadiah,
pujian dan lain-lain. Strategi komunikasi yang dilakukan guru dalam
meningkatkan prestasi siswa di sekolah dapat berjalan dengan baik apabila
komunikasi berjalan dengan interaktif dan juga tentang media pembelajaran yang
mendukung untuk proses belajar mengajar berlangsung di SD Muhammadiyah 20