Abstract:
Penelitian ini di latar belakangi dengan komunikasi berperan penting dalam segala
aspek kehidupan, memberi pengaruh terhadap proses penyampaian pesan berupa
informasi dan pengetahuan khususnya dalam dunia pendidikan. Seorang tutor
kursus dalam menyampaikan materi pelajaran harus memiliki kompetensi
kominikasi dan kompetensi intelektual agar tercapainya visi dan misi dari kursus
dan menghasilkan peserta didik yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana komunikasi tutor kursus
D’Course dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris peserta didik. Teori
yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruktivisme, teori ini
menjelaskan bahwa bermaksud membebaskan individu-individu dan kelompok
dengan memberikan mereka pengetahuan berkenaan dengan interprestasi,
tindakan dan kecakapan komunikasi dengan cara yang memupuk pengembangan
keahlian atau keterampilan dan memberdayakan pengetahuan keterampilan. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode wawancara, dokumentasi
dan observasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif
kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh melalui instrumen penelitian
dengan narasumber 7 (tujuh) orang yang terbagi menjadi 2 (dua) orang tutor dan 5
(lima) orang peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan komunikasi tutor
kursus D’Course Medan sudah cukup baik, itu dilihat dari kemampuan tutor
dalam mengkomunikasikan pesan-pesan yang berupa materi pelajaran kepada
peserta didik sehingga dapat dipahami dengan baik oleh peserta didik.
Kemampuan memahami tipe-tipe belajar peserta didik, mampu menggunakan
komuniaksi verbal dan nonverbal dengan baik dan mampu mengelola metode
pelajaran untuk meningkat kemampuan berbahasa Inggris peserta didik dengan
menarik dan edukatif.