Abstract:
Media yang saat ini diterima sebagai kekuatan proses komunikasi yaitu
televisi. Televisi merupakan media massa yang paling banyak dimanfaatkan
masyarakat sebagai sarana hiburan, informasi, dan juga edukasi. Dengan media
audio-visual dimaksudkan sebagai media yang menyiarkan informasi yang dapat
ditangkap baik dengan indera mata maupun indera telinga, seperti film atau serial
kartun. Serial kartun dapat memberi dampak positif dengan mengemas nilai
edukasi disetiap adegan dan dialognya. Salah satu serial kartun yang menarik bagi
peneliti adalah serial kartun Tayo The Little Bus. Animasi atau kartun ini disetiap
episode bercerita tentang keseharian aktivitas mobil di jalan raya dengan
menanamkan rasa tanggung jawab, kedisiplinan dan taat pada aturan lalu lintas.
Analisis aspek edukasi dalam tayangan serial kartun tayo diteliti dengan
menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis semiotika Roland
Barthes berupa signifier (penanda), signified (pertanda), dan mitos dengan data
berupa dialog dan adegan pada tayangan kartun Tayo The Little Bus hanya pada
pekan ke 4 (empat) bulan Desember 2018. Hasil penelitian ini menemukan bahwa
nilai edukasi yang ditampilkan mengajarkan siapapun terutama anak untuk
senantiasa mengamalkan kebaikan yang dapat dilakukan dimana saja, dalam
keadaan apa saja, dengan siapa saja, dan menanamkan hal-hal kebaikan agar
tercerminnya sikap rendah hati dan membentuk kepribadian seseorang terutama
anak menjadi lebih baik juga bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.