Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kampanye Love
Myself dalam meningkatkan kepercayaan diri komunitas A.R.M.Y di Medan,
kampanye ini diluncurkan secara global sehingga diharapkan dapat memberi
dampak yang signifikan kepada kaum muda, seperti halnya pada komunitas
penggemar dari boygroup tersebut termasuk pada komunitas A.R.M.Y di Medan.
Efektivitas berasal dari kata efek yang artinya hubungan sebab akibat, efektivitas
dapat dipandang sebagai suatu sebab dari variabel lain. Sebuah kampanye
dikatakan efektif jika dapat merebut perhatian khalayak yang merupakan target
dari sasaran kampanye tersebut, dan juga pesan yang disampaikan harus mudah
dipahami dan dipercaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode kuantitatif, dimana data diperoleh dengan metode menyebarkan kuesioner,
Teknik analisis data dengan tabel tunggal lalu diuji dengan korelasi product
moment Pearson. Pada penelitian ini populasi adalah komunitas A.R.M.Y di
Medan berjumlah 3.109 orang dan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Hasil
dari perhitungan disimpulkan bahwa nilai rXY sebesar 0,292. dengan
membandingkan nilai rXY hitung sebesar 0,292 dan r tabel sebesar 0,200. Hal ini
menunjukkan bahwa rXY 0,292 > r tabel 0,200 artinya Ha diterima Ho ditolak.
Dari hasil tersebut menunjukkan adanya pengaruh hubungan antara variabel X
(Efektivitas Kampanye Love Myself) terhadap variabel Y (Meningkatkan
Kepercayaan Diri Komunitas A.R.M.Y di Medan)