Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas dari
komunikasi Cross-Selling terhadap peningkatan penjualan produk, serta untuk
mengetahui respond nasabah terhadap komunikasi Cross-Selling yang diterapkan
di PT. Bank Panin Dubai Syariah. Adapun uraian teoritis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Efektivitas, Komunikasi, Komunikasi Cross-Selling
Frontliner, Peningkatan Penjualan Produk, Strategi Penjualan Produk.
Metodedalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Jumlah informan
yang ada dalam penelitian ini sebanyak 5 orang. Subjek penelitian ini melibatkan
Cross-Selling Frontliner dan Nasabah di PT. Bank Panin Dubai Syariah Medan.
Hasil dari penelitian komunikasi Cross-Selling Frontliner dinilai cukup efektif
dalam memasarkan produk PT Bank Panin Dubai Syariah. Aktivitas komunikasi
Cross-Selling Frontliner yang diterapkan di Bank Panin Dubai Syariah memiliki
dampak positif bagi peningkatan penjualan produk-produk PT. Bank Panin Dubai
Syariah, serta sangat berguna untuk memudahkan nasabah dalam mengenal serta
mengetahui kelebihan produk-produk Bank Panin Dubai Syariah yang sesuai
dengan kebutuhan nasabah. Hasil penelitian komunikasi Cross-Selling Frontliner
juga diperkuat dengan banyaknya nasabah yg mengambil dua hingga tiga produk
sekaligus di PT Bank Panin Dubai Syariah. komunikasi Cross-selling Frontliner
terhadap peningkatan penjualan produk PT. Bank Panin Dubai Syariah Medan
dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan nasabah, mengembangkan
kebutuhan nasabah, menentukan produk yang akan ditawarkan, menjelaskan
keuntungan/kelebihan produk. Aktivitas Komunikasi yang baik antara Frontliner
dan nasabah akan menjadi jalan untuk Frontliner agar dapat menggali informasi
terkait kebutuhan lain nasabah terhadap produk perbankan