Abstract:
PT. Nauli Sawit adalah perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang perke-
bunan dan mengelolahan buah kelapa sawit, berlokasi di Kelurahan Bajamas,
Kecamatan Sirandorung, Kabupaten Tapanuli Tengah. Judul penelitian ini Peran
Hubungan Masyarakat Dalam Mengkomunikasikan Program Corporate Social
Responsibility PT Nauli Sawit Tapanuli Tengah, disajikan melalui pendekatan
deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data menggunakan Reduksi
data, Display data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui peran Humas PT Nauli Sawit dalam mengkomunikasikan program CSR
yang ada di perusahaan tersebut dan untuk mengetahui kedisiplinan PT Nauli Sawit
terhadap program CSR yang sudah diatur dalam UU No. 40 Tahun 2007 tentang
perseroan terbatas. Minimnya pengetahuan dan informasi masyarakat terhadap program
Corporate Social Responsibility (CSR) yang lakukan PT Nauli Sawit Tapanuli Tengah
menjadi alasan bagi penulis untuk melakukan penelitian ini. Teknik pengumpulan data
yang lakukan mengunakan wawancara langsung berjumpa dengan narasumber di lokasi
penelitian, Observasi, dan Study Dokumen. Adapun hasil yang di peroleh dari penelitian
ini. Program CSR PT Nauli Sawit dalam pendidikan memberikan beasiswa berprestasi
di tingkat SD, SMP, dan SMA, membangun Sarana Olahraga untuk masyarakat,
Pembinaan Organisasi, Santunan dan Membuka lapangan pekerjaan bagi masyarat.
Humas PT Nauli Sawit sangat berperan aktif terhadap program yang dilakukan, mulai
dari perencanaan sampai pelaksanaan dilapangan. Program yang dilakukan di komu-
nikasikan langsung kepada masyarakat, dengan menggunakan komunikasi public dan
komunikasi interpersonal. PT Nauli Sawit tidak ada menggunakan media apapun dalam
mengkomunikasikan program CSR yang dilakukan.