Abstract:
Komunikasi Pemasaran di Koperasi Agrina dalam memasarkan produknya
masih belum efektif melakukan pemasarannya baik dari media cetak, elektronik
maupun iklan. Koperasi Agrina menggunakan media mulut ke mulut sebagai
media informasi dalam menyebarkan informasi mengenai produknya. Hal ini
disebakan karena tidak adanya anggaran pembiayaan untuk kegiatan promosi.
Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber
data sekunder. Teknis analisis data dalam metode penelitian kualitatif terdiri dari
tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun
informan dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang antara lain bendahara koperasi
agrina, karyawan dan pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
komunikasi pemasaran di koperasi agrina masih belum efektif. Koperasi agrina
menyebarkan informasi mengenai produknya melalui media mulut ke mulut
kurang nya anggaran dana membuat koperasi agrina tidak bisa mengadakan
kegiatan promosi dankurang media yang digunakan untuk kegiatan promosi
menjadi hambatan koperasi agrina dalam meningkatkan produknya