Abstract:
NET TV dengan tagline Televisi Masa Kini menayangkan program
Reality Show The Newsroom NET TV sebuah program baru yang menarik karena
pendekatannya ringan, dan mempunyai unsur mendidik serta memotivasi. Tujuan
dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh tayangan The
Newsroom dan sebesar apa motivasi tayangan ini terhadap mahasiswa yang ingin
menjadi seorang reporter. Penelitian ini adalah kuantitatif. Dengan metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Mahasiswa
yang diteliti yaitu Mahasiswa jurusan ilmu komunikasi Universitas Sumatera
Utara dengan populasi sebanyak 483 orang dan didapatkan sampel sebanyak 83
orang dengan menggunakan rumus Taro yamane dengan persisi 10%. Teknik
penarikan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Pengumpulan
data dilakukan melalui Penelitian Lapangan (field Research), dan Penelitian
Kepustakaan (Library Research). Sedangkan analisis data dilakukan melalui
analisis tabel tunggal, dan Uji Korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini
menujukkan ada motivasi dari tayangan ini walaupun rendah dengan dilihat hasil
perhitungan r Hitung 0,104 dan r Tabel 0,213.