Abstract:
Hallyu atau Gelombang Korea adalah istilah yang mengacu pada tersebar
luasnya budaya pop Korea Selatan secara global di berbagai negara di dunia,
termasuk di Indonesia. Fenomena Hallyu saat ini tengah melanda masyarakat
Indonesia yang menyukainya, mulai dari anak-anak, hingga orang dewasa.
Salah satu gelombang korea yang paling diminati adalah Musik K-Pop (Korean
Pop), yakni jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Dengan
adanya KPop ini maka terbentuklah suatu kelompok penggemar. Biasanya
penggemar tidak hanya mencintai musik nya saja, tetapi mereka juga akan
mencintai idol dari KPop tersebut, sehingga adanya dorongan/motivasi dari
dalam diri untuk mencapai sesuatu terkait mencintai idolanya yang
menciptakan perilaku-perilaku tidak biasanya. Termasuk pada komunitas
SMTOWN Medan. Komunitas ini merupakan salah satu wadah penggemar
KPop di Medan khusus untuk orang-orang yang menyukai idol KPop dari
agency SM Entertainment. Komunitas ini memiliki 125 orang anggota yang
dianggap dapat menjadi objek dari penelitian terkait “Motivasi dan Perilaku
Penggemar Musik Korean Pop di Medan”. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apa-apa saja yang menjadi motivasi penggemar musik Korean pop
di Medan dan untuk mengetahui bagaimana perilaku penggemar musik Korean
pop di Medan. Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode
kuantitatif, dimana data diperoleh dengan metode menyebarkan angket,
sehingga hasil yang diperoleh dari peneliti ini berupa rangkaian hasil angket
yang telah disebarkan kepada responden, dan dengan teknik analisis data tabel
tunggal lalu diuji dengan korelasi product moment Pearson. Dengan jumlah
sampel sebanyak 95 responden, hasil dari perhitungan yang diperoleh yaitu
bahwa nilai rXY adalah sebesar 150,414. Setelah itu untuk menunjukkan ada
tidaknya hubungan antara variabel X dan variabel Y maka digunakan pedoman
koefisien korelasi, dengan membandingkan nilai rXY hitung sebesar 150,414
dan r tabel dengan N= 95 sebesar 0,2017. Maka ini menunjukkan bahwa r tabel
0,2017 < rXY hitung 150,414 bahwa Ha diterima Ho ditolak. Dari hasil
tersebut menunjukkan bahwa Musik KPop (Variabel X) mempengaruhi
terbentuknya motivasi dan perilaku penggemar KPop (Variabel Y)