Abstract:
Penelitian ini di latar belakangin oleh Pentingnya kesantunan berbahasa anak usia
dini yang di bangun melalui komunikasi keluarga tujuan penelitian ini adalah untuk
menjelaskan pola komunikasi keluarga dalam mendidik kesantunan berbahasa
menguji persepsi orang tua tentang cara mengajar bahasa terhadap anak-anak mereka
dilingkungan keluarga toeri-teori yang di gunakan dalam penelitian ini antara lain
teori tentang komunikasi keluarga, teori perkembangapn anak usia dini, teori
kesantunan dalam pembahasan metode penelitian yang digunakan adalah metode
kualitatif narasumber penelitian sebanyak empat orang tua murid Paud Flamboyan Jl.
Suluh Kota Medan data penelitian di peroleh dengan mengunakan teknik wawancara
hasil penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi keluarga dalam mendidik
kesantunan berbahasa anak usia dini mengcangkup intensitas komunikasi kesantunan
isi pesan media dan hambatan komunikasi keluarga.