Abstract:
Pendahuluan: Sangat diperlukan dukungan dan komitmen yang tinggi dari
Puskesmas untuk menciptakan pelayanan primer berkualitas bagi peserta BPJS
Kesehatan. Salah satu yang dapat menilai keberhasilan suatu Puskesmas adalah
tingkat kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan
peserta BPJS terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Medan Area Selatan.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan kuesioner
terhadap 85 responden yang merupakan anggota BPJS Kesehatan di Puskesmas
Medan Area Selatan. Teknik analisa data menggunakan statistik deskriftif dan
metodeCustomer satisfaction index (CSI). Hasil: Berdasarkan metode Customer
satisfaction index (CSI) didapatkan bahwa tingkat kepuasan peserta BPJS dalam
tiap dimensi kehandalan 70,4%, daya tanggap 71,6%, jaminan 73,6%, bukti
fisik69,4%, dan empati 73,8%.Kesimpulan: Kepuasan pasien pada pelayanan
kesehatan di Puskesmas Medan Area Selatan (71,8%), skor ini dengan metode
CSI termasuk dalam kategori puas. Namun, berdasarkan standart BPJS termasuk
kategori tidak puas.