Research Repository

Tingkat Kepuasan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Medan Area Selatan Tahun 2017

Show simple item record

dc.contributor.author Siregar, Nurul Riani
dc.date.accessioned 2020-03-01T04:36:55Z
dc.date.available 2020-03-01T04:36:55Z
dc.date.issued 2017-12-29
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/725
dc.description.abstract Pendahuluan: Sangat diperlukan dukungan dan komitmen yang tinggi dari Puskesmas untuk menciptakan pelayanan primer berkualitas bagi peserta BPJS Kesehatan. Salah satu yang dapat menilai keberhasilan suatu Puskesmas adalah tingkat kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan peserta BPJS terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Medan Area Selatan. Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan kuesioner terhadap 85 responden yang merupakan anggota BPJS Kesehatan di Puskesmas Medan Area Selatan. Teknik analisa data menggunakan statistik deskriftif dan metodeCustomer satisfaction index (CSI). Hasil: Berdasarkan metode Customer satisfaction index (CSI) didapatkan bahwa tingkat kepuasan peserta BPJS dalam tiap dimensi kehandalan 70,4%, daya tanggap 71,6%, jaminan 73,6%, bukti fisik69,4%, dan empati 73,8%.Kesimpulan: Kepuasan pasien pada pelayanan kesehatan di Puskesmas Medan Area Selatan (71,8%), skor ini dengan metode CSI termasuk dalam kategori puas. Namun, berdasarkan standart BPJS termasuk kategori tidak puas. en_US
dc.subject Kepuasan Pasien en_US
dc.subject Pelayanan Kesehatan en_US
dc.subject BPJS Kesehatan en_US
dc.subject Puskesmas en_US
dc.title Tingkat Kepuasan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Medan Area Selatan Tahun 2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account