Abstract:
Berdasarkan latar belakang peneliti bermaksud untuk melakukan penelitian
dengan judul Strategi Humas Dalam Kegiatan CSR Di Bidang Sosial Terhadap
Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Sekitar PT.Pertamina (Persero) MOR 1
Medan kepada warga medan dan terutama sekitar perusahaan.Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Humas Dalam Kegiatan CSR Di
Bidang Sosial Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Sekitar
PT.Pertamina (Persero) MOR 1 Medan,Metode penelitian ini yang digunakan
adalah tipe deskriptif kualitatif yang dimana metode ini menggunakan objek
penelitian melalui wawancara dan Huberman bahwa ada tiga alur kegiatan yaitu
reduksi data,penyajian data dan penarikan atau kesimpulan.Hasil penelitian
PT.Pertamina (Persero) MOR 1 Medan memiliki komitmen yang tinggi terhadap
peningkatan kesehatan masyarakat, salah satu nya dengan menyediakan
pengobatan gratis untuk masyarakat sekitar wilayah operasi.Kegiatan ini tentunya
berhubungan dengan program CSR akan terus digelar,guna terwujudnya
kepentingan umum menuju masyarakat yang sehat dan sejahtera.Strategi humas
dalam kegiatan CSR memerlukan pihak ketiga untuk bekerja sama dalam
mensukseskan program pengobatan gratis.Namun dari strategi Humas dalam
kegiatan CSR pihak pertamina ikut melibatkan dalam menjalankan program
pengobatan gratis ini juga melakukan bekerjasama atau kordinasi dengan unit-unit
yang ada dalam PT.Pertamina (Persero) MOR 1 Medan.Unit-unit tersebut bekerja
dan bertanggungjawab sesuai dengan tugasnya masing-masing.Mengingat kunci
utama keberhasilan dalam menjalankan suatu program atau kegiatan tidak hanya
ditentukan oleh stakeholder saja,akan tetapi juga ditentukan oleh internal
perusahaan itu sendiri.