Abstract:
Strategi komunikasi pemasaran merupakan hal yang amat penting bagi suatu
organisasi atau perusahaan, strategi adalah tata cara atau perencanaan yang
dilakukan oleh suatu organisasi dalam mencapai suatu tujuan tertentu sedangkan
komunikasi pemasaran adalah cara seseorang atau suatu organisasi dalam
memperkenalkan suatu ide atau produk kepada khalayak ramai. Strategi
komunikasi pemasaran merupakan kombinasi yang cocok dalam memperkenalkan
suatu produk kepada masyarakat agar mereka tertarik dan berminat terhadap
produk tersebut. Perusahaan tidak hanya bisa menciptakan produk yang bagus saja
tetapi mereka juga harus pandai dalam memasarkan produk tersebut agar
mendapatkan konsumen yang lebih maksimal. Pada penelitian ini peneliti memilih
lokasi Ucok durian kota Medan sebagai tempat penelitian, bagaimana strategi
komunikasi pemasaran yang dilakukan Ucok Durian sehingga tempat itu tak
pernah sepi pengunjung sepanjang tahun. Penelitian ini dilakukan selama kurang
lebih tiga bulan terhitung dari bulan Juli 2018 hingga September 2018 .Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan
pendekatan deskriptif, dan narasumber dalam penelitian ini terdiri dari 6 orang
narasumber mereka merupakan 1 (satu) orang pemilik, satu (1) orang karyawan,
dan 4 orang konsumen. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dalam
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat adalah
strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan tergolong dalam kategori baik,
komunikasi pemasaran yang dilakukan melalui penjualan secara langsung dan
melalui pemberitaan sehingga konsumen percaya terhadap kualitas dari produk
yang ditawarkan dan membuat mereka tertarik untuk mencoba