Abstract:
Disiplin belajar adalah segala sesuatu yang menjadi pendorong atau daya
penggerak seseorang untuk melakukan kegiatan belajar peserta didik yang tekun
dalam mengerjakan tugas, tidak mudah putus asa dan terarah dalam aktivitas
belajar. Layanan informasi dapat membantu siswa dalam mengembangkan dan
memecahkan masalah pribadi siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui
pengaruh layanan informasi terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII SMP
N O6 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2018/2019 .Secara umum penelitian ini
ditujukan kepada seluruh kelas SMP N 06 Tebing Tinggi Tahun Ajaran
2018/2019, yang berjumlah 155 siswa, sedangkan untuk menentukan sampel
dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yakni 46 orang siswa kelas
VIII. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket untuk
variabel (X) tentang Layanan Informasi dan variabel (Y) kedisiplinan belajar
siswa. Penelitian ini menggunakan product moment. Berdasarkan hasil penelitian
maka di peroleh hasil pengujian korelasi rxy=0,75 lebih besar dari rtabel= 0,291
(0,75 > 0,291) dari hasil tersebut menunjukkan bahwa pengaruh antara layanan
informasi terhadap kedisiplinan belajar adalah positif. Dari hasil penelitian di
peroleh thitung=7,534 sedangkan ttabel=2,015 Berdasarkan uji hipotesis kedua data
tersebut diperoleh nilai thitung ≥ ttabel yaitu 7,534 ≥ 2,015, maka Ha diterima dan
Ho ditolak. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan melalui
layanan informasi terhadap kedsiplinan belajar siswa kelas VIII SMP N 06 Tebing
Tinggi Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat
diterima.