Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui permasalahan
hubungan suatu variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan
pelanggan pada PDAM Tirtanadi cabang HM. Yamin Medan.
Metode penelitian saya adalah asosiatiif dan kuantitatif. Dimana populasi
dalam penelitian saya adalah sebanyak 100 sampel Responden. Tehnik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan, wawancara dan studi dokumentasi.
Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah Uji asumsi klasik, regresi
linier berganda, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada hasil penelitian ada pengaruh yang
signifikan anatara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, adanya pengaruh
yang signifikan antara kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, adanya
pengaruh secara bersama-sama anatara kualitas pelayanan dan kualitas produk
terhadap kepuasan pelanggan. Pada PDAM Tirtanadi Cabang HM. Yamin Medan.
Uji t untuk variabel X1 = 4,968 > 1,661 dan x2= 5,563 >1,661,Uji F 56.074 > 3,09 .
R-Square adalah 0,536 atau 53,6 % menunjukkan sekitar 53,6 % dipengaruhi oleh
variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Dari hasil analisis yang di bahas, diketahui bahwa secara persial ada pengaruh
yang signifikan dari varabel bebas (X1) terhadap variabel (Y), ada pengaruh yang
signifikan dari variabel bebas (X2) terhadap variabel (Y) dan ada pengaruh yang
signifikan dari variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan
pelanggan.