Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Teams
Game Tournament dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa SMK.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Library
Research. Sumber data yang diperoleh dari skripsi ini yaitu dengan menganalisis
10 jurnal atau artikel karya ilmiah yang berhubungan dengan model pembelajaran
teams game tournament. Instrument penelitian ini menggunakan observasi dan
dokumentasi. Observasi dan dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan data-
data tentang model pembelajaran teams game tournament, lalu dianalisis
bagaimana model pembelajaran teams game tournament berpengaruh atau tidak
dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Dari hasil analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian sebelumnya
menyatakan bahwa model pembelajaran teams game tournament sangat layak
digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Ini terbukti dari hasil
penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya yang menggunakan
model pembelajaran teams game tournament sebagai model pembelajaran.
Dengan demikian dapat disimpulkan dari analisis yang telah dilakukan
bahwa model pembelajaran teams game tournament ini sangat bermanfaat dalam
meningkatkan hasil belajar siswa SMK.