Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk,
promosi dan merek terhadap keputusan pembelian POND’S pada mahasiswi FEB UMSU,
penelitian ini hanya membatasi lokasi di Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara khususnya
pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis maka ditemukan berbagai permasalahan yang muncul
berdasarkan fenomena masalah. Namun dalam hal ini peneliti membatasi masalah pada faktor
harga, kualitas produk, promosi dan merek terhadap keputusan pembelian kosmetik POND’S.
total sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang dengan menggunakan teknik sampel
accidental, dimana respoden adalah siapa saja yang penulis temui di lapangan.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji regressi sederhana dan berganda, ada
pun hasil penelitannya adalah Harga memiliki pengaruh terhadap keputusan pemembelian
produk pond’s di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa t
hitung > t tabel (3.813 > 1,984) dan nilai signifikannya yang dibawah 0,05 yaitu 0,000 (0,000 <
0,05) Kualitas produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pemembelian produk pond’s di
Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU, dilihat dari nilai t hitung > t tabel (2.675> 1,984) dan nilai
signifikannya (0,001 < 0,05) 3. Promosi berpengaruh terhadap keputusan pemembelian produk
pond’s di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU dilihat dari t hitung > t tabel (3.038> 1,984) dan
nilai sig (0,000 < 0,05) Merek memiliki pengaruh terhadap keputusan pemembelian produk
pond’s di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU dilihat ini t hitung > t tabel (3.779> 1,984) dalam
hal ini ho ditolak artinya, lalu nilai signifikannya yang dibawah 0,05 yaitu 0,000 (0,000 < 0,05).
Terdapat pengaruh antara harga ,kualitas produk, promosi dan merek dengan keputusan
pembelian pond’s di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU f-hitung = 12,934 > f-tabel = 3,09.
dan , nilai sig 0,000 <a 0,05