Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh komunikasi terhadap kepuasan
kerja, untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan
dan untuk mengetahui pengaruh peran komunikasi dan motivasi terhadap
kepuasan kerja karyawan di PT. Bank Sumut Cabang Iskandar Muda Medan.
Bentuk penelitian yang digunakan adalah asosiatif, yaitu penelitian untuk
mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Sampel adalah wakil-wakil
dari populasi.Adapun sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh
karyawan di PT. Bank Sumut Cabang Iskandar Muda Medan untuk periode 2019
sebanyak 40 orang hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh variabel
Komunikasi (X1) terhadap kepuasan kerja (Y) ditunjukkan oleh thitungsebesar
7,609 dengan probabilitas sig 0,000< dari α = 0,05. Dengan hubungan seperti itu
terkandung arti bahwa makin tinggi/makin baik variabel X1(Komunikasi) maka
akan tinggi/baik variabel Y (kepuasan kerja). Nilai thitung sebesar 5,366 dengan
probabilitas sig 0,000< dari α = 0,05. Dengan hubungan seperti itu terkandung arti
bahwa makin tinggi/makin baik variabel X2 (Motivasi) maka akan tinggi//baik
variabel Y (kepuasan kerja). Nilai fhitung pada tabel diatas adalah 41,275 dengan
sig 0,000<α 0.05, menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima, berarti Komunikasi (X1)
dan Motivasi (X2) terhadap kepuasan kerja (Y) pada taraf α 0.05. Nilai R-Square
diatas diketahui adalah 0,323 atau 32,3% menunjukkan sekitar 32,3% variabel
kepuasan kerja (Y) yang dipengaruhi Komunikasi (X1) dan Motivasi (X2). Sisanya
67,7% dipengaruhi oleh variabel yang tiadak diteliti dalam penelitian ini. Nilai RSquare
diatas diketahui adalah 0,323 atau 32,3% menunjukkan sekitar 32,3%
variabel kepuasan kerja (Y) yang dipengaruhi Komunikasi (X1) dan Motivasi
(X2). Sisanya 67,7% dipengaruhi oleh variabel yang tiadak diteliti dalam
penelitian ini