Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, kekuatan,kelemahan, peluang dan ancaman serta strategi yang menjadi prioritas dalampemasaran Madu Efi di Kebun Efi, Perbukitan Puncak 2000 Siosar KM 13,Kabanjahe, Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif danpenentuan lokasi secara sengaja (purposive). Metode penelitian ini menggunakan alatanalisis SWOT (Strenght, Weaknesses, Opportunities, Treats) denganmengidentifikasi berbagai faktor-faktor secara sistematis untuk merumuskan strategisuatu usaha dengan penggabungan Matriks IFAS + EFAS. Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa saluran distribusi Madu Efi pendek. Disebabkan tidakadanya lagi perantara untuk memasarkan Madu karena konsumen langsungberhubungan dengan pengusaha/produsen. Hal ini menguntungkan konsumen karenaharga Madu tidak bertambah dari pihak perantara.prioritas strategi pemasaran Maduyang bisa diterapkan antara lain sebagai berikut :Strategi W-O:Meningkatkanpromosi penjualan dengan memberikan potongan harga dan tidak membebankanbiaya ongkos kirim untuk pemesanan onlineStrategi S-O:Menjagakualitas produkdan tetap mempertahankan keaslian produk madu sebagai produk unggulan Daerah