Abstract:
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui besarnya pengaruh brand
equity terhadap keputusan pembelian pada produk kecap manis ABC, serta Untuk
mengetahui elemen brand equity yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian
produk kecap manis ABC di Supermarket Maju Bersama Kecamatan Medan Barat
Kota Medan. Metode penentuan sampel ini dilakukan dengan metode sensus yaitu
sebanyak 30 orang adapun jenis data yang digunakan yaitu data sekunder dan data
primer. Analisisdatan yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis linear
berganda dengan rumus skala likert, uji validitas dan uji relibilitas.
Dari hasil uji t menggunakan program SPSS diperoleh hasil bahwa
variabel kesadaran merek (X1) diperoleh nilai signifikansi t sebesar 0,027,
asosiasi merek (X2) diperoleh nilai signifikansi t sebesar 0,045, presepsi kualitas
(X3) diperoleh nilai signifikansi t sebesar 0,030 berpengaruh secara signifikan
terhadap variabel dependen keputusan pembelian (Y) kecap manis ABC.
Sedangkan variabel kesetian merek (X4) diperoleh nilai signifikansi t sebesar
0,336 >0,05tidak berpengaruh secara nyata atau signnifikan terhadap keputusa
pembelian konsumen kecap ABC pada taraf kepercayaan 95%. Faktor Brand
Equity yang paling mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan
pembelian Kecap Manis ABC adalah asosiasi merek dan kesadaran merek, hal
ini dikarenakan nilai koefisien regresi asosiasi merek sebesar 3,314 dan nilai
koefisien regresi kesadaran merek sebesar 3,112. Dengan demikian dapat di
simpulkan bahwa di Supermarket Maju Bersama kecamatan Medan Barat, kota
Medan kesetiaan merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian Kecap
Manis ABC.