Abstract:
Penelitian ini bertujuan yaitu mengetahui layanan konseling kelompok dapat
memotivasi siswa underachiever pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Medan.
Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas XI, yang terdiri
atas 7 siswa yang mengalami underachiever dan 3 siswa yang memiliki motivasi
belajar yang tinggi yang diambil dari masing-masing kelas XI Jurusan Kimia
Analisis. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah peneliti dan Guru BK.
Adapun tindakan layanan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Instrumen pengumpulan data pada penelitian menggunakan observasi dan
wawancara. Teknik analisis data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data,
dan menarik kesimpulan. Dengan dilakukan layanan konseling kelompok dapat
memotivasi siswa underachiever pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Medan
dengan membantu siswa untuk percaya diri, mengatur jadwal belajar dan
memahami materi pelajaran.