Abstract:
Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Accidental
Sampling yaitu Simple Random Sampling adalah menentukan sampel berdasarkan
kebetulanyaitu konsumen yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti pada saat
melakukan transaksi pembelian kacang Okra. Menurut, “Ukuran sampel yang layak
dalam penelitian adalah 30. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi
linier berganda. Untuk mengetahui variabel bebas secara simultan menggunakan
uji-F dan untuk mengetahui variabel bebas secara parsial mengunakan signifikan
0,05. Untuk mengetahui perilaku konsumen menggunkana analisis deskriptif
dengan menganalisa kriteria perilaku konsumen sehingga dapat menentukan tingkat
perilaku konsumen.
Hasil penelitian menunjukan adanya Pengaruh nyataHasil pengujian secara
serempak variabel harga, pendidikan, jumlah tanggungan dan pendapatan
berpengaruh nyata terhadap permintaan kacang okra dengan nilai F hitung 618,754
> F tabel sebesar 2,76 dan hasil signitifikan dari 0,000 < 0,005 maka 𝐻0 diterima
𝐻1dengan tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Berdasarkan uji secara parsial atau
masing – masing variabel hanya variabel harga yang berpengaruh secara
signitifikan terhadap permintaan.