Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran tata niaga, margin tata
niaga, share margin serta efisiensi tata niaga masing-masing saluran tata niaga di desa
Mananti Kecamatan Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas. Metode penentuan
sampel ini dilakukan dengan metode Purposive Sampling yaitu sebanyak 41 orang
responden. Adapun data yang digunakan yaitu data sekunder dan data primer.
Analisis data yang digunakan yaitu dengan metode analisis deskriptif, analisis
margin, analisis farmer share, serta analisis efisiensi tata niaga.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di desa Mananti terdapat 3 saluran
pemasaran yaitu (1) petani-pedagang pengumpul-pabrik kelapa sawit.(2) petanipedagang
besar-pabrik kelapa sawit. (3) Petani-KUD(Koperasi Unit Desa)-Pabrik
kelapa sawit. Untuk hasil analisis margin di setiap saluran yaitu sebesar Rp.200/Kg.
Untuk hasil farmer share saluran I yaitu sebesar 80,41%, saluran II sebesar 82,75%,
saluran III sebesar 100%. Untuk nilai efisiensi tata niaga disetiap saluran yaitu
saluran I 4,99%, saluran II 10,25%, saluran III 13,27%.