Abstract:
Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tiga saluran pemasaran (1) Petani –
Pedagang Pengumpul –Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen. (2) Petani
– Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen. (3) Petani – Pedagang
Pengumpul – Pedagang Besar – Agen Luar Kota/Luar Negeri. Untuk margin
pemasaran pada penelitian dapat diketahui terdapat perbedaan yang sangat besar
disetiap saluran pemasaran, semakin panjangnnya lembaga pemasaran maka tingkat
harga dari petani akan semakin jauh, seperti pada saluran I besarnya margin
Rp.4500,-/kgnya. Untuk saluran kedua besarnya margin Rp.4000,-/kgnya. Sedangkan
pada saluran ketiga tidak diketahui selisih harga sampai ke konsumen, karena di
daerah penelitian untuk pengiriman produksi jeruk nipis hanya dari pedagang besar
ke agen luar kota atau luar negeri dan itu juga mempunyai selisih harga yang besar,
dengan margin pemasaran Rp.2500,-/kg. Untuk tingkat efisiensi pemasaran pada
penelitian dari tiga saluran pemasaran, ada yang efisien dan kurang efisien. Untuk
saluran pemasaran kedua termasuk kedalam efisien karena persentase 29% dimana
masih dibawah 33%. Dan untuk saluran pemasaran pertama dan ketiga termasuk
kedalam kurang efisien karena persentase diatas 33% yaitu 34% dan 35%. Besarnya
efisiensi pada saluran pemasaran dapat dilihat dari panjangnya saluran pemasaran.
Semakin panjang saluran pemasaran, maka semakin tidak efisien.