Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Pemasaran Jeruk Lemon
Di Desa Sekoci Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif untuk menjelaskan aktifitas pemasaran jeruk
lemon. Sampel yang dipilih menggunakan metode sensus berdasarkan kebutuhan
penelitian yaitu 13 petani jeruk lemon yang terdapat di Desa Sekoci Kecamatan
Besitang Kabupaten Langkat.
Hasil penelitian menunjukkan aktifitas pemasaran jeruk lemon.
Saluran atau mata rantai pemasaran jeruk lemon di Daerah Penelitian terdiri dari
tiga saluran Pemasaran, yang pertama petani ke konsumen akhir, yang kedua petani
ke pedagang pengecer dan yang ketiga dari petani ke pedagang pengumpul lalu ke
pedagang pengecer. Marjin pemasaran yang diperoleh pada saluran pemasaran I
sebesar Rp.0/kg, yang diperoleh pada saluran pemasaran II sebesar Rp.2.000/kg.
Marjin pemasaran yang diperoleh pada saluran pemasaran III sebesar Rp.1.000/Kg
dengan biaya pemasaran Rp.483/kg pada posisi pedagang pengumpul, sedangkan
pada pedagang pengecer dengan marjin pemasaran Rp. 2.000/Kg dan biaya
pemasaran Rp. 714/kg. Efisiensi pemasaran I sebesar 95,71% pemasaran II sebesar
8,43% dan efisiensi pemasaran III sebesar 11,97% dan ketiganya dikategorikan
efisien dimana EP <33%.