Abstract:
Sistem saluran pemasaran (marketing channel system) merupakan
sekelompok saluran pemasaran tertentu yang digunakan oleh sebuah perusahaan dan
keputusan tentang sistem ini merupakan salah satu keputusan terpenting yang
dihadapi manajemen. Proses pemasaran jagung Sampai ke pengolahan melibatkan
beberapa lembaga pemasaran, yaitu orang atau lembaga yang terlibat dalam
pemasaran jagung. Dalam proses pemasaran ini jagung yang dipasarkan dari
penelitian yang dilakukan di Desa Rikit Gaib terdapat dua saluran pemasaran yang
dilakukan, adapun saluran pemasaran yang terdapat di desa Rikit Gaib Kecamatan
Rikit Gaib adalah sebagai berikut: Tipe saluran I : dimulai dari Petani kemudian ke
pedagang Pengumpul dan kemudian sampai ke Pedagang besar. Tipe saluram II :
dimulai dari Petani kemudian langsung ke pedangang besar. Penelitian ini bertujuan
mengetahui saluran pemasaran jagung di Desa Rikit Gaib Kecamatan Rikit Gaib
Kabupaten Gayo Lues, mengetahui besar biaya pemasaran jagung di Desa Rikit Gaib
Kecamatan Rikit Gaib Kabupaten Gayo Lues, mengetahui besar Share Margin
saluran pemasaran jagung di Desa Rikit Gaib Kecamatan Rikit Gaib Kabupaten
Gayo Lues, dan mengetahui besar efisiensi pemasaran jagung di Desa Rikit Gaib Kecamatan Rikit Gaib Kabupaten Gayo Lues. Penelitian ini dilakukan pada Juli
September 2019.
Penentuan sampel menggunakan metode Survei (yaitu suatu cara
pengambilan sampel dari populasi dan menggunakan wawancara atau kuisioner
untuk mengisi data penelitian) maka sampel dalam penelitan ini adalah sebanyak 30
orang petani.Lembaga pemasaran yang terkait dalam penelitian ini adalah 4
pedagang pengumpil dan 1 pedagang besar.Biaya pemasaran terdiri dari biaya
transportasi, tenaga kerja, dan biaya pengeringan untuk pedagang besar.Hasil
perhitungan diperoleh bahwa besarnya margin di setiap saluran pemasaran berbedabeda, dimana total margin pemasaran jagung hingga sampai ke pengolahan jagung
pada pola saluran pemasaran pertama sebesar Rp 700, dan total margin pada saluran
pemasaran kedua yaitu sebesar Rp 600. Efisiensi pemasaran di Desa Rikit Gaib pada
setiap saluran pemasaran termasuk dalam kategori efisien.Karena nilai EP ≤ 50%.
Pada saluran pemasaran yang pertama nilai Ep adalah sebesar 5,02%, dan pada
saluran pemasaran yang kedua nilai Ep adalah sebesar 4,34%.