Abstract:
Kelapa Sawit merupakan sektor unggulan utama
di Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Terdapat luas total wilayah Kabupaten
Labuhanbatu Selatan sebesar 162.549 Ha atau sekitar 52,17%. Saluran Pemasaran
yaitu saluran distribusi untuk menggelar, menjual, atau menyampaikan produk fisik
atau jasa kepada pelanggan atau pengguna yang mencakup pedagang grosir, pengecer
dan agen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana saluran pemasaran
kelapa sawit rakyat, untuk mengetahui berapa besar margin pemasaran, distribusi
marjin dan farmer share kelapa sawit rakyat dan untuk mengetahui bagaimana tingkat
efisiensi pemasaran kelapa sawit rakyat di Desa Asam Jawa Kecamatan Torgamba
Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
Studi Kasus (Case Study) dengan pemilihan lokasi penelitian secara Sengaja
(Purposive) berada di Desa Asam Jawa Kecamatan Torgamba Kabupaten
Labuhanbatu Selatan. Metode penarikan sampel menggunakan Simple Random
Sampling dengan cara Sensus sebanyak 30 Petani, 2 Pedagang Pengumpul, 1
Pedagang Besar dan Pabrik. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data
sekunder. Analisis data menggunakan analisis saluran pemasaran, marjin, distribusi
marjin, Farmer Share dan Efisiensi pemasaran. Hasil perhitungan dari penelitian yaitu
Saluran pemasaran I melibatkan Petani - Pedagang Pengumpul –Pabrik. Saluran
pemasaran II melibatkan: Petani - Pedagang Besar- Pabrik dan Saluran Pemasaran III
melibatkan Petani- Pabrik. Besarnya margin saluran I sebesar Rp 195/Kg, margin
saluran II sebesar Rp. 90/Kg. Efisiensi pemasaran saluran I sebesar 13.18%, saluran
II sebesar 7.27% dan saluran III sebesar 8.64%. Saluran pemasaran tingkat II
dianggap lebih efisien dibanding saluran pemasaran Idan saluran III dikarenakan nilai
Ep saluran pemasaran yang tingkat II lebih kecil.