Abstract:
Buah–buahan adalah salah satu komoditi yang penting untuk dikembangkan
guna memenuhi konsumsi di dalam negeri maupun diluar negeri. Permintaan
buah-buahan yang semakin tinggi juga dapat membuka peluang bagi usaha
agribisnis, sehingga diharapkan dapat bersaing dipasar saat ini untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat. Kehidupan manusia tidaklah terlepas dari usahausaha1ekonomi, pihak pemerintah dalam hal menanggulangi perekonomian untuk
masyarakat membangun pasar agar ditata dengan baik1demi tujuan mencapai
kehidupan masyarakat yang adil dan makmur,
Pasar identik dengan kondisi yang kumuh, kotor dan bau, sehingga
memberikan atmosfer yang tidak nyaman, selain itu maraknya pedagang membuat
kemacetan lalu lintas dan kondisi tempat untuk berjualan yang tidak layak
ditempati oeh para pedagang.
Adanya upaya pemindahan lokasi pasar sering kali mendapat kendala,
banyak pasar setelah direnovasi1jurstru menjadi sepi dan ditinggalkan pedagang
dan1pembeli. Relokasi pasar ini bertujuan untuk mencapai kehidupan masyarakat
yang adil dan makmur serta penataan ruang disekitar pasar yang tidak tertata.
Oleh karena itu peneliti ingin meneliti Dampak Relokasi Terhadap Pendapatan
Pedagang Buah serta Bagaimana Tanggapan para pedagang terhadap lingkungan
relokasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendapatan pedagang
setelah direlokasi apakah ada perbedaan pendapatan serta tanggapan para
pedagang pasca direlokasi ke pasar yang baru. Pada penelitian ini menggunakan
metode penentuan lokasi secara purvosive ( sengaja ), metode penarikan sampel
dengan teknik simpel random sampling, metode pengumpulan data dilakukan
dengan wawancara serta observasi langsung, dan metode analisis data
menggunakan uji normalitas dari pendapatan yang diterima oleh pedagang baik
itu sebelum dan sesudah direlokasi, untuk melihat distribusi data, apakah normal
atau tidak, agar alat statistik yang digunakan tepat, serta untuk melihat tanggapan
para pedagang peneliti menggunakan analisis deskriptif dengan skala rating.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pendapatan
sebelum dan sesudah di relokasi, juga para pedagang merasa sangat sesuai dengan
lokasi, sangat sesuai dengan fasilitas, sesuai dengan keamanan dan tidak sesuai
dengan harga sewa.